Keuntungan Menggunakan Simulasi Lalu Lintas Pada Analisis Dampak Lalu Lintas

20
Apr 2023
Category : Andalalin
Author : admin
Views : 227x

Melalukan analisis dampak lalu lintas atau andalalin adalah hal yang wajib dilakukan oleh pengembang saat hendak melakukan pembangunan. Umumnya, untuk memudahkan andalalin, diperlukan bantuan dari alat simulasi lalu lintas.

Seperti diketahui, andalalin ini diperlukan agar suatu pembangunan kawasan atau bangunan bisa dilakukan. Apabila hasil dari kajian andalalin ini baik, maka suatu proyek pembangunan bisa untuk dikerjakan.

Lantas, sebenarnya mengapa diperlukan alat simulasi pada lalu lintas dalam proses pembuatan andalalin? Nah, untuk mengetahui alasannya, Anda dapat menyimak penjelasan selengkapnya yang ada di bawah ini.

Pengertian Andalalin

Analisis dampak lalu lintas atau biasa disebut dengan andalalin merupakan suatu kajian analisis terhadap dampak lalu lintas yang ditimbulkan oleh kegiatan atau usaha tertentu. Hasil dari kajian tersebut selanjutnya akan dibuat dalam dokumen andalalin.

Andalalin ini sangat diperlukan oleh pihak pengembang atau developer yang akan mendirikan kawasan baru di suatu wilayah. Dengan melakukan studi andalalin yang benar, maka pengerjaan pembangunan tidak akan memberikan dampak pada sistem transportasi sebelumnya.

Selain pembangunan suatu kawasan, pembangunan bangunan lain seperti stadion ataupun pusat perbelanjaan juga bisa memberikan dampak lalu lintas. Berdasarkan hal tersebut, dapat dilihat bahwa andalalin ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam suatu pembangunan.

Baca Juga : Bagaimana Peningkatan Kapasitas Jalan Mempengaruhi Analisis Dampak Lalu Lintas?

Keuntungan Menggunakan Simulasi Lalu Lintas Untuk Andalalin

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat analisis menggunakan bantuan dari alat simulasi. Berikut ini adalah penjelasan tentang keuntungan apa saja yang bisa dirasakan saat memakai simulasi tersebut.

1. Memudahkan Analisis

Untuk membantu dalam proses analisis, umumnya para konsultan menggunakan beberapa bantuan. Salah satu bantuan yang bisa memudahkan dalam pengerjaan kajian andalalin tersebut adalah menggunakan simulasi lalu lintas.

Perlu diketahui, proses studi andalalin ini memerlukan berbagai pemodelan transportasi memakai four steps model. Four step model tersebut antara lain adalah trip distribution, trip generation, trip assignment, serta modal split.

Sementara pada lingkup analisisnya akan dilakukan kondisi existing, masa konstruksi, operasional, serta waktu yang akan datang paling tidak selama 5 tahun ke depan. Dalam melakukan semua analisis tersebut digunakan bantuan dari program simulasi komputer.

Dengan adanya simulasi tersebut para konsultan dapat lebih mudah untuk melakukan analisis dan menerapkan pemodelan yang direncanakan. Untuk software simulasi yang digunakan saat ini ada cukup banyak pilihan sesuai rekomendasi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Salah satu aplikasi simulasi yang cukup banyak dipakai adalah PTV Vissim. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan simulasi dan pemodelan terhadap model transportasi yang berbasis visual.

2. Kajian Lebih Akurat

Dengan menggunakan bantuan simulasi, pihak konsultan dapat melakukan trial and error terhadap kajian yang dilakukan. Hal tersebut tentu akan membuat hasil dari kajian yang dilakukan menjadi lebih akurat.

Pasalnya, para konsultan dapat mencoba metode-metode ke dalam alat simulasi tersebut. Pada akhirnya, simulasi tersebut dapat membantu dalam menemukan metode serta pengaturan tata letak lalu lintas yang paling tepat untuk diterapkan.

Begitulah tadi keuntungan dari memakai simulasi lalu lintas dalam andalalin. Penggunaan simulasi seperti ini, tentu merupakan hal yang positif karena dapat meningkatkan kualitas serta akurasi dari kajian andalalin yang dilakukan oleh pihak terkait.