Simak Peraturan Menteri Perhubungan Tentang Andalalin

23
Feb 2023
Category : Andalalin
Author : admin
Views : 205x

Andalalin atau Analisis Dampak Lalu Lintas merupakan kajian tentang dampak kegiatan tertentu terhadap lalu lintas yang dituangkan ke dalam dokumen. Hal itu telah tertera di peraturan menteri perhubungan tentang Andalalin.

Keberadaan dokumen Andalalin ini sangat penting dimiliki oleh para pengembang yang hendak menjalankan pembangunan. Apabila dokumen tersebut tidak disusun secara baik, maka berdampak pada izin pembangunan dari pihak terkait.

Melihat hal tersebut, tentu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui lebih dalam tentang Andalalin ini. Nah, untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak beberapa ulasan berikut ini.

Peraturan Menteri Perhubungan Tentang Andalalin

Hal pertama yang perlu dipahami tentang Andalalin ini adalah dasar hukumnya. Berikut adalah beberapa dasar hukum yang digunakan terkait dengan kegiatan Andalalin suatu pembangunan kawasan oleh perusahaan ataupun perorangan.

1. Peraturan Menteri Perhubungan nomor 75 Tahun 2015 dan Nomor 11 Tahun 2017

Andalalin diatur pada Permenhub nomor 75 tahun 2015 dan juga Permenhub nomor 11 tahun 2017. Pada kedua peraturan tersebut dikatakan pembangunan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dibebaskan dari Andalalin sesuai pasal 9 Permendagri 55 tahun 2017.

2. UU No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Andalalin dilakukan dengan dasar hukum di Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Pasal 99 Ayat 1. Di dalam UU ini dinyatakan semua rencana kegiatan pembangunan yang menimbulkan gangguan wajib dilakukan Andalalin.

Baca Juga : Apa Saja Peraturan Andalalin Terbaru? Simak Berikut Ini

Tujuan Dilakukannya Andalalin

Para pengembang properti ataupun perorangan perlu memperhatikan dampak terhadap lingkungan sekitar pada saat hendak melakukan pembangunan. Berbagai aspek penting pada lingkungan tersebut antara lain adalah soal gangguan lalu lintas karena adanya pekerjaan pembangunan.

Dengan adanya Andalalin, diharapkan pihak pengembang telah mempunyai perencanaan serta solusi untuk mengatasi dampak dari pembangunan di wilayah sekitar. Hal tersebut sesuai dengan tujuan Andalalin berikut ini.

  • Andalalin dilakukan untuk memprediksi dampak apa saja yang terjadi di sekitar kawasan pembangunan baru
  • Mempersiapkan rencana untuk peningkatan serta perbaikan kualitas untuk mengakomodasi berbagai perubahan yang mungkin telah atau akan terjadi.
  • Menyamakan pandangan dan keputusan terkait dengan tata guna lahan dengan kondisi serta situasi lalu lintas sekitar.
  • Melakukan langkah identifikasi masalah yang dapat memengaruhi kebijakan dan keputusan pengembang dalam meneruskan proyek yang telah diusulkan.
  • Andalalin berfungsi sebagai alat pengawasan terhadap pelaksanaan manajemen serta dalam perekayasaan lalu lintas sekitar.

Seperti itulah berbagai tujuan dari adanya pengurusan Andalalin dalam sebuah proyek pembangunan. Dengan memahami tujuan dan peraturan menteri perhubungan tentang Andalalin, diharapkan pembangunan bisa berjalan lancar.

Itulah pembahasan tentang tujuan dan dasar peraturan menteri perhubungan tentang Andalalin. Dalam mengurus Andalalin pembangunan, Anda bisa mempercayakan pada konsultan Andalalin dari andalalinku.com.